Uji Keturunan

Uji keturunan (Progeny Test) adalah cara untuk menduga susunan genetic suatu individu dengan meneliti sifat – sifat keturunannya. Uji ini biasanya digunakan dalam program seleksi dan pemuliaan dan sangat berguna untuk sifat – sifat mempunyai heritabilitas rendah. Oleh sebab itu, uji ini dapat pula dianggap sebagai salah satu cara seleksi famili, bahkan suatu cara seleksi yang palin tepat.
Uji keturunan dalam seleksi
Dalam uji keturunan ini kita memilih (menseleksi) induk yang memiliki nilai genetic atau nilai pemuliaan (breeding value) yang tertinggi dengan menghitung daya gabung (combining ability).

Ada dua macam daya gabung, yaitu:

  • Daya gabung umum (DGU), yang didasarkan atas keadaan (performance) keturunan dari hasil perkawinan satu induk dengan beberapa induk lain. Nilai DGU ini ½ dari nilai pemuliaan.
  • Daya gabung spesifik (DGS), yang didasarkan pada keadaan keturunan dari hasil perkawinan dua induk.

Nilai rata – rata satu keturunan (Progeny Value) yang dinyatakan dengan penyimpangan (deviasi) dari nilai – nilai rata – rata keturunan dari semua keturunan adalah :
Mxy = DGUx + DGUY + DGSxy
Dimana: DGUx = daya gabung umu dari klon x (1/2 dari nilai pemuliaan klon itu).
DGUY = daya gabung umum dari klon y
DGSxy = daya gabung spesifik dari perkawinan antara klon x dan klon y.
Suatu induk dikatakan mempunyai daya gabung umu yang baik apabila hasil perkawinannya dengan sejumlah induk lainnya memberikan nilai rata – rata yang mendekati nilai rata – rata keseluruhan perkawinan yang dilakukan. Sedangkan suatu induk dikatakan mempunyai daya gabung spesifik yang baik apabila dalam suatu pasangan perkawinan memberikan nilai yang jauh lebih baik dari rata – rata keseluruhan perkawinan, dengan kata lain bahwa daya gabung spesifik memperlihatkan keselektifitasan suatu induk bila disilangkan dengan induk yang lain.
Daerah uji (test area) dan rancangan percobaan
Yang dimaksud dengan daerah uji disini adalah lapangan dimana uji keturunan dilakukan. Untuk mengevaluasiperbedaan genetic antara family – family dengan tepatpengaruh lingkungan dalam daerah uji harus terkontrol dan diusahakan supaya konstan untuk semua family yang diuji. Pelaksanaannya tidaklah mudah, karena uji keturunan harus dilakukan dilapangan (test area) yang keadaannya sama dengan lapangan dimana anakan pohon berasal dari kebun biji akan ditanam secara besar – besaran sebagai hutan tanaman.
Untuk mengurangi “environmental error” dalam uji keturunan ini, daerah uji haris diusahakan se – uniform mungkin dalam topografi, kesuburan tanah, dan pengolahan tanah. Pada lapangan yang telah dipilih sebagai daerah uji environmental error dalam uji keturunan dapat dikurangi dengan:

  • Menggunakan petak – petak family yang kecil yang diatur dalam jajar – jajar (row)
  • Mengacak petak – petak family didalam blok atau replikasi, jadi menggunakan randomized completed blok. Design.
  • Mengatur petak – petak didalam replikasi sedemikian sehinnga semua variabilitas tempat tumbuh dapt disampel.

Menurut pengalaman, petak – petak yang panjang dan sempit dan membujur kearah variasi tempat tumbuh yang terbesar (misalnya, menaik atau menurun lereng) dapat mengatasi sebagian besar pengaruh – pengaruh variabilitas lingkungan. Banyaknya replikasi tergantung pada variabilitas tanah, tingkat ketelitian yang dikehendaki, dan persediaan bahan tanaman (biji). Biasanya 5 atau 6 replikasi dianggap cukup untuk berbagai jenis tanaman.
Replikasi dari seluruh Progeny test dalam waktu dan ruang sering kali perlu, misalnya 6 replikasi dalam ruang dan 3 replikasi dalam waktu. Dengab demikian kita dapat mengukur keadaan keturunan pada keadaan tanah dan iklim yang berlainan. Ini penting untuk pohon – pohon kehutanan karena anakan yang berasal dari kebun biji akan ditanam dilapangan dengan keadaan tanah dan iklim yang berbeda. Replikasi dalam waktupun penting mengingat kemungkinan keragaman oleh kekeringan dam investasi penyakit.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s