Uji Provenan/Coba tempat asal benih (Provenances Trial)

Uji coba temapat asal benih merupakan percobaan tentang penamaan suatu jenis dengan menggunakan benih – benih yang dikumpulkan dari sejumlah tegakan yang tersebar luas, kemudian semai – semai ditanam pada kondisi tempat tumbuh yang sama dengan menggunakan rancangan percobaan tertentu.
Uji coba tempat asal benih merupakan proses pemilihan yang dinamis dan berkelanjutan, oleh karena itu pelaksanaannya dapat dibagi menjadi tiga tahap atau phase sebagai berikut:

  1. Tahap penyaringan tempat asal benih (Range wide Phase) pada tahap ini dapat diuji 10 – 30 jenis asal benih suatu jenis terpilih dengan waktu pengamatan antara 0,25 – 0,5 daur. Tahap ini bertujuan untuk menentukan variasi alamiah yang lebih besar.
  2. Tahap pembatasan asal benih (Restricted Provenances Phase) pada tahap ini diuji 3 – 5 tempat asal benih yang sudah menunjukan harapan terbaik dari hasil pengujian tahapa penyaringan, dengan waktu pengamatan sekitar 0.5 perkiraan daur.Tahap ini bertujuan untuk menetukan tempat asal benih suatu jenis terpilih yang paling produktif pada tempat tumbuhnya yang baru.
  3. Tahap pembuktian tempat asal benih (provenances proving Phase) pada tahap ini hanya diuji 1 – 2 tempat asal benih, yang merupakan hasil pengujian pada tahap pembatasan dengan waktu pengamatan yang lebih lama (satu daur). Tahap ini bertujuan untuk meyakinkan tempat asal benih yang paling produktif sebagai pembuktian dari tahap yang sebelumnya, dengan tindakan silvikultur yang bias diterapkan. Pada tahap penyaringan dan pembatasan, uji coba menggunakan percobaan yang sederhana, menggunakan plot dengan ukuran lebih besar terdiri dari 100 pohon atau lebih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s