Profil Desa di Kalimantan Timur

Anonim (1993) dalam Herminawati (2004) mengemukakan bahwa desa di Kalimanan Timur pada umumnya memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
a. Kepadatan penduduk rata-rata 9 jiwa/km2 dan sebagian besar wilayah di Kalimantan Timur masih berupa hutan, maka masih sulit unutk memastikan status wilayah sebagi desa
b. Untuk menopang dan mengisi kehidupan masyarakatnya, desa-desa di Kalimantan Timur masih sangat tergantung oleh potensi alam
c. Lokasinya terpencar dengan mengikuti pola aliran sungai, sarana transportasi dan komunikasi, sehingga pencapaiannya cukup sulit dan lambat serta cenderung menjadi banyak desa terisolir.
Mubyarto (1992) dalam Sardjono (1995) mengemukakan bahwa desa-desa di Kalimantan, khususnya yang berada di wilayah pedalaman dan perbatasan, perekonomian masih sangat tergantung pada sumber daya alam terutama hutan. Lokasi desa yang tersebar dalam kawasan hutan tropis lembab, menyiratkan pentingnya manfaat hutan yang tidak saja pemasok hasil hutan akan tetapi terlebih lagi lahan bagi kegiatan pertanian.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s