Sabtu, 9 maret 2013. Pukul: 07. 12 wita

Jika saya ceritakan,
Menurut saya, mungkin hal ini sangat dan atau lebih memalukan dibandingkan jika saya harus telanjang didepan ribuan bahkan jutaan orang. Sebab, kelalaian dalam menggunakan waktu adalah hal yang sangat hina dan memalukan bagi saya. Mengapa saya membuat “judul Sabtu, 9 maret 2013. Pukul: 07. 12 WITA”?
Karena pada saat itu, telah membuat sebuah cerita baru dari sekian banyak cerita yang ingin saya ceritakan. Dan cerita ini jugalah yang telah memberikan sebuah pelajaran bahwa waktu itu sagatlah berharga dan tidak bisa dinilai dengan uang dan juga memberikan saya pemahaman arti sebuah sahabat.

Hari demi hari, minggu ketemu minggu bahkan bulan ketemu bulan kejadian hari ini bisa dikatakan sama maknanya dengan judul yang saya buat diatas. Namun, kejadian hari ini saya tidak ingin menceritakan hari ini juga.

Sebelum hari kegagalan keberangkatan saya menuju Kecamatan Tulin Onsoi, tepatnya daerah perbatasan Indonesia-Malaysia untuk melakukan research Gajah Kalimantan bersama mahasiswa dari Faculty of Sience, Leiden Unversity (BELANDA). Saya sangat berambisi dan merasa bahwa kesempatan ini adalah peluang yang sangat besar untuk belajar dan bagaimana cara mendapatkan beasiswa di Unversiteit Leiden, karena kuliah di Belanda adalah mimpi yang harus saya dapatkan pada waktu pertama kali masuk kuliah sampai sekarang.
Tapi, entah mengapa?
Hati saya mengatakan:”Gembel, gak usah ikut! Apkah kamu mau mengulang mata kuliah Pengelolaan Daerah Aliran Sungai lagi? bukankah kamu yang telah TBU (Tidak Bisa Ujian) tahun lalu, karena research Gajah Kalimantan juga?
Namun berbeda dengan pikiran saya.
Pikiran saya mengatakan:” Bel (Gembel), kapan lagi kamu belajar dan mencari informasi bagaimana cara mendapatkan beasiswa di Belanda? Jarang loh, orang mendapatkan peluang seperti ini. Ikut aja Bel!!!
Hati dan pikiran saya saat itu tidak se Ia-Sekata. Akan tetapi, saya tetap bergegas untuk packing. Tak lain diantaranya yang saya masukkan dalam ransel saya yaitu ROKOK 3 slop.Ya, untuk kebutuhan selama 1 bulan …🙂

Segala perencanaan keberangkatan telah tertata sedemikian bagus, bahwa kami akan berangkat tepat pukul: 06.00 WITA dari Fakultas Kehutanan. Jumat malam, saya sudah berangkat dari rumah ke kampus dengan tujuan agar tidak terlambat. Tapi malam itu, entahlah? saya ingin sekali tidur di asrma many story Bang Jabarudin, padahal rencana mau tidur di DPSM jadi untuk menjemput lebih mudah dijangkau (boleh dikatakan begitu).

Sesampai di asrma,
Eeeeeee gak bisa tidur (Penyakit lama) sampai pukul:05.00 WITA.
Lalu, saya coba berbaring sebentar, gak taunya ketiduran sampai Pukul: 07.12 WITA.
Pukul 06.00 WITA, Bang Jabar memang membangunkan saya.
Jabarudin: Mon, bangunnnn! dah jam 06 ini.
Gembel (Saya):” ahhhhh, abang ini. Bohong kamu bang.”
Jabarudin: Ya, sudaaaahhhhhhhhhhh.

Tidur Lagiii
Tepat Pukul: 07.12 WITA saya baru sadar kalau saya hari itu berangkat ke Tulin Onsoi.
Dan saya lihat di telepon seluler saya, 40 panggilan tak terjawab.
Pak Rachmat Suba: 17 kali
Supir: 23 kali
Pagi yang mendung seakan-akan menggambarkan pikiran saya yang sedang mendung.
Namun berbeda dengan hati saya, hati saya mengatakan bahwa kejadian ini adalah rencana yang terindah yang Tuhan berikan untuk saya.
Akan tetapi pikiran saya mengatakan: mau tarok dimana mukamu itu Bel? dikasih Pak Rachmat kepercayaan sama kamu, ehhhh malah kamu sia-siakan. Kesempatan yang besar itu telah hilang, Bel.
Tapi saya berusaha melawan kata hati saya dan cenderung mengikuti pikiran saya. Saya mencoba menelpon balik Supir yang akan mengantar kami ke Balikpapan.
Gembel: Halooo,
Supir: Halo
Saya: Maaf pak, saya baru bangun. saya ketiduran pak. Bapak sekarang sudah dimana?
Supir: Wahhh, kami sudah di Loa Janan. Kalau saya jemput sampean, tar kita telat lagi. Keberangkatan kan pukul 10.30?
Tapi coba dulu kamu hubungi Pak Rachmat!
Gembel: Ok, Pak. Makasih ya Pak..

Jabarudin: apa dia bilang?
Gembel: disuruh hubungi Pak Rachmat, bang.
Egra: Teleponlah! Paling tidak kamu minta maaf.
Gembel: Sipp

Gembel: Selamat pagi, Pak.
Pak Rachmat: Pagiiiiii….
Gembel: Saya minta maaf pak, saya ketiduran pak, bagaimana pak, kalau saya nyusul pakai taxi lain pak?
Pak Rachmat: Yaaaa, saya mau lihat, sampai dimana usahamu!
Gembel: Ya, Pak. Terima kasih ya pak.

Egra: apa dibilang bapak?
Gembel: yaa, saya mau lihat. sampai dimana usahamu. Beliau bilang begitu, Gra.
Jabarudin: Ok, apalagi yang kamu tunggu. Cari dah, taxinya!

Detik melewati menit, tak terasa 1 jam telah berlalu hanya mencari nomor Telp Taxi yang bisa dihubungi, namun pencarian tak kunjung usai. Pukul 09.00 WITA, Sanjaya (teman 1 reseacrh) mengirimi nomor telp Taxi.

Gembel: Selamat Pagi Pak, Ini dengan Taxi … ya?
Supir: Ya, ada yang bisa saya bantu?
Gembel: Begini pak, saya berangkat Jam 10.30 dari bandara, cuma saya terlambat bangun. Kira-kira masih bisa gak, Pak. Saya sampai di bandara sebelum 10.30?
Supir: Sempat bangatttttt…….., Sampean nengdi?
Gembel: Saya di Jl. Pramuka, Gg Rantau. Pak.
Supir: ok, Sampaean tunggu aja ya !
Gemebel: Ok, terimakasih banyak Pak.

Egra & Jabarudin: Apa dia (supir) bilang?
Gembel: sempat katanya.
Egra: Siap-siap sudah!
Gembel: Sipp

Beresss semua, (rokok telah ada pada tempatnya. :D)
Jabarudin: cukup sajakah uangmu dek?
Gembel: Kayaknya gak cukup deh bang.
Jabarudin: ini, tambahi ongkos mu, dek1
Gembel: Ok bang, Thanks ya bang…🙂
Gembel: Saya berangkat ya, Bang.
Jabarudin: Ok, hati-hati ya Dek!
Gembel: Ya, bang.

Beberapa menit kemudian, supir menelpon
Supir: Sampean sudah dimana mas? saya sudah diatas gunung ini
Gembel: Ya, Pak. tunggu disana aja Pak! ( saya pikir maksud supir itu adalah Jl. M. Yamin karena disana ada sedik tanjakan)
supir: Ok

Egra langsung bergegas mengantar saya.
Gembel: saya sudah di M. Yamin Pak, Bapak dimana?
Supir: M. Yamin mana?
Gembel: Dekat gerbang UNMUL itu loh, pak!
Supir: Waduhhhhhhh, saya mah di Balikpapan bukan di Samarinda, mas.
Gembel: LAhhhhh, pie iki pak?
Supir: Gak mungkin lagi ada bisa dikejar itu mas, soalnya sekarang lagi hujan. Jalanan licin.
Gembel: Ok, pak.

Hari mulai serah, matahari terlihat tersenyum karena sebelumnya awan telah yang menutupi senyuman matahari yang indah. Tapi, tidak demikian yang saya rasakan. Awalnya pikiran saya mendung sama dengan suasana pagi itu, mendengar bahwa masih bisa dikejar ke Balikpapan, dari mendung langsung menjadi terang kemudian setelah mendengar bahwa taxinya di Balikpapan, pikiran saya langsung seperti Panasnya sinar matahari langsung diguyur hujan.

tak terasa jam menunjukkan pukul: 10.00 WITA
Tidak ada harapan lagi untuk mengejar Pukul: 10.30 WITA
Baru saya sadari bahwa
WAKTU itu sifatnya SOMBONG
TIDAK MENGENAL SIAPA KITA
TIDAK MAU TAHU, BAGAIMANA KEADAAN KITA
TIDAK MAU TAHU APA YANG TERINGGAL DAN APA YANG KETINGGALAN
TIDAK MAU MENYAPA SIAPA PUN, WALAUPUN SEMUA ORANG MEMANGGILNYA

Gembel: Gra, ke kantin aja kita!
Egra:(Diam sejenak) ….. Ayoo.!

Sampai di kantin AKIP
Lalu saya buka ransel, kemudian mengambil rokok yang telah saya persiapkan sebelumnya.
Lalu saya menikmatinya….
HUsssssss, nafas saya pun terlihat….(berwarna putih ternyata ASAP)

1 bulan kemudian (Mereka ( The team research Elephas) pulang.
Enggan rasanya bertemu mereka semua, karena hal ini hal yang sangat memalukan dan menjijikkan bagi saya.
1 minggu terpuruk dalam rasa malu, kemudian saya memberanikan diri untuk meminta maaf pada Beliau.
Dan ternyata Beliau “wellcome saja dengan hal itu”

Tak kusangka dan tak kuduga, ternyata saya punya kesempatan untuk belajar dan mencari informasi yang saya cari-cari selama ini dengan mahasiswa tersebut dengan leluasa. Saya diberi keepercayaan lagi untuk pergi kesana.
Puji TUHAN

setelah selesai ujian semester beberapa bulan yang lalu,
Boleh saya katakan hasil yang saya dapat memuaskan dibandingakan SANJAYA, dimana tahun lalu kami berdua dapat nilai E. Dikarenakan dia tidak ikut ujian tengah semester.
Entahlah, saya tidak tahu apa rencana Tuhan bagi saya.
Akan tetapi saya percaya, Tuhan selalu memberikan yang terbaik buat saya.

Demikian juga haparan saya tentang kejadian hari ini.
Senin, 29 Juli 2013
tetapi cerita hari ini akan saya ceritakan setelah mendapatkan makna dari kejadian hari ini.

Sama seperti tulisan saya sebelumnya

ANTARA EMAS dan BERLIAN

TERIMAKASIH SAHABAT SETIAKU

SALAM

GEMBEL EKSKLUSIF

Tinggalkan Balasan

