Studi Pemodelan Kesesuaian Habitat Gajah Kalimantan (Elephas maximus borneensis)

ABSTRAK
Raymoon Silaban, Studi Pemodelan Kesesuaian Habitat Gajah Kalimantan (Elephas maximus borneensis) Dengan Menggunakan Sistem Informasi Geografis. ( Di bawah bimbingan Chandradewana Boer dan Albert Laston Manurung)
Gajah Kalimantan terdapat di wilayah Kabupaten Nunukan. Sebagian besar wilayah ini merupakan hutan dataran rendah, akan tetapi seiring meningkatnya pembangunan hutan dataran rendah sebagai habitat Gajah Kalimantan semakin menyempit. Dampak dari semakin menyempitnya habitat Gajah Kalimantan tersebut terjadi konflik antara gajah dengan masyarakat. Untuk membantu upaya-upaya konservasi gajah yang dilakukan oleh Kementerian Kehutanan RI dan Pemerintah Kabupaten Nunukan digunakan teknologi sistem informasi geografis, untuk membangun model kesesuaian habitat. Sehingga dari model tersebut dapat diketahui wilayah yang di prioritaskan dalam pengelolaan habitat Gajah Kalimantan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi berpengaruh tidaknya beberapa komponen habitat yang penting terhadap keberadaan Gajah Kalimantan, melihat komponen yang utama (penting) melalui pendekatan seleksi komponen habitat dan membuat model habitat yang sesuai dengan Gajah Kalimantan, dimana sistem informasi geografi sebagai alat bantu determinasi model kesesuaian habitat dengan menggunakan software ArcGIS 10.1 dan SPSS 16.
Analisis model kesesuaian habitat dilakukan dengan uji kebebasan chi-square (χ2) yang bertujuan untuk mengetahui berpengaruh tidaknya komponen habitat terhadap keberadaan Gajah Kalimantan, selanjutnya uji seleksi dengan metode indeks seleksi neu bertujuan untuk mengetahui kelas komponen habitat yang paling banyak dimanfaatkan Gajah Kalimantan dan Analisis Komponen Utama dengan lima variabel faktor penentu kesesuaian habitat yaitu tutupan lahan (X1), ketinggian tempat (X2), kemiringan lereng (X3), jarak dari sungai (X4) dan indeks kerapatan vegetasi (X5). Analisis Komponen utama bertujuan untuk mengetahui komponen habitat yang paling berpengaruh terhadap keberadaan dan mendapatkan bobot setiap variabel faktor untuk membangun model kesesuaian habitat Gajah Kalimantan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelima komponen habitat tersebut berpengaruh terhadap keberadaan Gajah Kalimantan, hal ini diindikasikan dengan X2hitung > dari X2tabel pada taraf uji α = 5% selajutnya indeks seleksi neu menunjukkan bahwa Gajah Kalimantan lebih banyak memanfaatkan atau menggunakan komponen habitat yakni tipe tutupan lahan hutan sekunder muda memiliki nilai seleksi tertinggi (w = 18,95), ketinggian tempat pada kelas ketinggian 0-250 m dpl memiliki nilai indeks seleksi tertinggi (w = 1,55), kemiringa lereng pada kelas kelerengan 0-8% (w = 1,52), jarak dari sungai yaitu 0-250 m yang mempunyai nilai seleksi (w = 3,44) dan nilai NDVI pada kelas 0,42 – 1 (w = 1,47) sedangkan faktor yang paling berpengaruh terhadap keberadaan Gajah Kalimantan dari lima komponen habitat penyusun model kesesuaian habitat adalah ketinggian tempat (elevasi), yang mana elevasi dapat mempengaruhi 81 % dari dari kelima variabel. Hasil ekstraksi Analisis Komponen Utama (AKU) diperoleh bobot yaitu; 1,632 dan 1,117. Selanjutnya, nilai bobot setiap variabel digunakan untuk membangun model kesesuaian habitat Gajah Kalimantan yaitu Y = (1,117.X1) + (1,117.X2) + (1,632.X3) + (1,632.X4) + (1,632.X5).
Hasil overlay model kesesuaian habitat tersebut diklasifikasikan menjadi tiga kelas kesesuaian yaitu: kelas kesesuaian rendah (nilai piksel 52,56 – 77,81) dengan luas 21794,73 Ha, kelas kesesuaian sedang (nilai piksel 7,81 – 103,06) dengan luas 115727,54 Ha dan kelas kesesuaian tinggi (nilai piksel >103,06) dengan luas 65701,73 Ha dengan tingkat kepercayaan model kesesuaian habitat yang dibangun sebesar 81,96%.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s