Hitamnya Kopi Hitam

Seruput menyeruput telah menjadi kebiasaan “tapi bukan artian meyeruput milik orang lain ” menyeruput kopi maksud saya. Kepiawaian menyeruput kopi, perlu dipelajari kepada spesialis penikmat kopi. Banyak orang minum kopi hanya sekedar meminum, dalam artian tidak menikmati aroma, rasa (perpaduan manis,pahit dan kehangatan), dan tetesan terakhir yang sedikit bercampur ampas. Ampas yang terselip diselah-selah gigi yang dibersihkan dengan sapuan lidah menambah kenikmatan segelas kopi.

Penikmat kopi ada di semua kalangan, dan kopi hitam menjadi salah satu pensetara dan pemersatu semua kalangan. Hanya saja, takaran dan tempat untuk menikmati kopi tersebutlah menjadi pembeda diantara penikmat kopi. Petani menikmati kopinya di ladang dengan takaran yang ia miliki dan diinginkan. Begitu pula director, dia menikmati kopinya pada tempat dan takarannya pula.

Tak sedikit yang mengatakan “saya tak bisa meramu kopi”. Padahal semua orang punya cara dan takaran masing-masing dalam meramu kopi. Jika ramuan tersebut sesuai dengan takaranmu, maka sajikanlah takaran yang kamu miliki dengan caramu sendiri. jika kamu ingin kopi sajianmu sesuai dengan takaran orang lain, maka mintalah pendapat orang tersebut dimana kekurangan dan kelebihan sajianmu. Maka, legowolah menerima pendapat tersebut, meskipun itu menuai kepahitan. Karena itulah takaran mereka. Tapi jangan pula berkecil hati, jika orang lain tidak bersedia memberikan pendapat tentang kopi yang kamu sajikan. Hal tersebut menunjukkan, bahwa ia telah bisa menerima segala sajian orang lain terhadap takaran dan cara yang ia miliki.

Sehingga, bila punya keinginan untuk menyajikan kopi yang diinginkan orang lain, maka berikanlah takaran dan cara yang bisa dinikmati sesuai dengan porsi masing-masing tanpa melupakan takaran yang kita miliki.

Karena Hitamnya Kopi Hitam tergantung pada si penikmat kopi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s